Panduan Tambah Produk di WinMarket

Sudah siap dengan berbisnis online di WinMarket? Oke! Yuk, ikuti panduannya untuk mulai menambah produk. Penuhi list produk kamu dengan koleksi produk berkualitas.

Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah login ke winmarket. Gunakan no hp atau email yang terdaftar serta PIN kamu. Untuk pengguna Bebasbayar, kamu juga bisa langsung login ke WinMarket menggunakan no hp atau email serta PIN bebasbayar.

Untuk member Bebasbayar, Silahkan LOGIN menggunakan NO HP/Email dan PIN yang terdaftar di Bebasbayar. Mudah Bukan? Tanpa registrasi lagi.

Pilih menu Penjualan > Tambah Produk

form tambah produk

Pada form Tambah Produk, terdapat beberapa kolom yg wajib kamu isi sebelumnya. Oya pastikan internet kamu stabil ya.
a. Kolom Nama Produk/Judul Iklan
Nama produk kamu harus terdiri dari Merk, Model, Fitur penting produk, dan Warna (apabila tersedia). Warna harus dituliskan di dalam tanda “[ ]” diakhir nama produk. Nama produk harus diawali dengan Huruf Kapital dan tidak mengandung karakter istimewa (# ! ?) terkecuali apabila memang bagian dari nama paten.
Contoh : Apple iPhone 6 Plus 64GB (Gold) / Samsung S123 2-door Refrigerator 200L (Silver) / Grand Pierri Dianne Skinny Jeans (Blue)

b. Kategori Produk
Kategori terdiri dari ketegori utama dan sub kategori,
contoh :
Kategori Utama : Elektronik Rumah tangga
Sub kategori 1 : Aksesoris Rumah tangga
Sub kategori 2 : Aksesoris dispenser Air

c. Spesifikasi Barang
Spesifikasi produk kamu adalah terdiri dari kelengkapan produk yang kamu jual seperti : batrei, charger, buku panduan, kartu garansi, aksesoris produk, dll.
Contoh : Batrei Original, Charger Merk Toshiba, Buku Garansai s/d thn 2025. Dst
Isikan spesifikasi sesuai dengan kelengkapan produk yang anda pasarkan

d. Deskripsi Promosi/Iklan Produk Anda
Deskripsi promosi produk Anda terdiri dari keunggulan produk, performance, daya tahan produk.dll. Isikan deskripsi promosi dengan kalimat menjual sehingga menarik minat calon pembeli produk kamu.

e. Informasi Tambahan
Bila diperlukan, tambahkan isian informasi tambahan produk barang kamu. Paramater dan value informasi tambahan berbeda untuk tiap tiap kategori.
f. Kata Kunci SEO
Kata kunci SEO beguna agar produk barang kamu dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari, gunakan kata kunci yang dapat mengundang dan dicari oleh pembeli kamu.
Contoh : jual sepatu murah, sepatu diskon, sepatu terbaru,dll

g. Foto Barang
Tambahkan foto produk barang anda agar menarik calon pembeli untuk melakukan pembelian produk yang anda jual, gunakan foto dengan kualitas gambar terbaik dan menarik para pembeli.

h. Kondisi Barang
Pilih kondisi produk barang yang akan kamu jual

i. Berat Barang
Berat (gram) yang kamu isi menentukan nominal ongkos kirim produk barang yang kamu jual, isikan berat barang yang sudah termasuk berat packing.

j. Stok Barang
Isi stok produk barang jualan kamu, bahkan kamu bisa mengatur stok barang ‘tidak terbatas’ dengan cara mencentang pilihanya.

k. Harga Jual
Isikan harga jual produk barang kamu, pada pengisian harga, kamu bisa memilih dikenakan service fee atau tidak dengan cara melakukan setting harga, informasi harga akan ditampilkan sesaat setelah kamu mengisi kolom isian harga diatas.

Harga dikenakan service fee

Harga produk kamu dikenakan biaya layanan (service fee) yang diatur untuk masing-masing kategori. Contoh : harga jual produk sepatu adalah Rp.100.000 dengan biaya layanan 3% maka perhitunganya sebagai berikut :
Harga yang dibayar pembeli : Rp.100.000
Uang yang diterima merchant : Rp.100.000 x 3% – Rp.100.000 = Rp.97.000

Harga tidak dikenakan service fee

Harga produk kamu tidak dikenakan biaya layanan (service fee) yang diatur untuk masing-masing kategori. Contoh : harga jual produk sepatu adalah Rp.100.000 dengan biaya layanan 3% maka perhitunganya sebagai berikut
Uang yang diterima merchant : Rp.100.000
Harga yang dibayar pembeli : Rp.100.000 x 3% + Rp.100.000 = Rp.103.000

l. Harga Reseller
Tingkatkan omzet penjualan kamu dengan mengaktifkan jaringan penjualan oleh para reseller online dan offline dengan mencentang pilihan kolom tsb, kemudian tentukan profit yang ingin kamu berikan kepada reseller, berikan profit terbaik namun tetap tidak mengurangi keuntungan kamu.

Dengan mengizinkan dan mengisi profit untuk reseller diatas, secara otomatis produk barang kamu akan muncul di sistem pencarian barang dropship sehingga secara cepat dengan mudah ditemukan dan disebar luaskan oleh para penjual reseller.

m. Setting Promo
Kamu dapat dengan mudah menentukan promo yang hendak kamu berikan agar menarik para calon pembeli untuk melakukan pembelian produk kamu, Winmarket menyediakan 3 pilihan promo, meliputi :
– Promo diskon
Fitur promo diskon memberikan daya tarik calon pembeli untuk membeli produk kamu, diskon yang ingin kamu berikan bisa dalam bentuk prosentase atau nominal. Dengan fitur diskon, kamu bisa bermain dengan harga dan memberikan daya tarik berbeda untuk menarik pembeli.
– Promo gratis ongkir
Kamu bisa menambahkan promo gratis ongkir dengan cara mengaktifkan promonya lalu kemudian melakukan setting sebagai berikut :
1. Setting masa berlaku promo, isi tanggal awal promo dan akhir promo
2. Pilih kota mana saja yang ingin kamu gratiskan ongkir (pilihan kota bisa lebih dari 1)
3. Promo pembelian tertentu mendapatkan hadiah
Kamu bisa menambahkan promo untuk pembelian dengan jumlah tertentu mendapatkan hadiah yang sudah ditentukan pada produk barang yang kamu jual dengan melakukan langkah berikut :
– Setting masa berlaku promo, isi tgl awal promo dan akhir promo
– Isi jumlah minimal pembelian untuk mendapatkan hadiah
– Isi hadiah yang ingin kamu berikan sebagai bonus atas pembelian minimal produk kamu

o. Simpan Produk
Jika semua kolom telah terisi dengan benar, langkah terakhir adalah klik tombol “Simpan”

Yuk semangat jualannya winners.. 🙂

 

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂

Leave a Reply