Tips Deskripsi Produk

Anda tentu paham bahwa kegiatan jual-beli online hanya bergantung pada deskripsi toko dan deskripsi produk yang ditawarkan (Baca artikel sebelumnya Tips Deskripsi Toko). Jika dibandingkan dengan kegiatan belanja konvensional, aktivitas belanja online memang masih memiliki sejumlah keterbatasan tersendiri, seperti produk yang tidak dapat dipegang dan dicoba terlebih dahulu, pembeli kerap merasa dirugikan karena perbedaan produk yang diterima dengan deskripsi di situs, dan sebagainya. Dalam hal ini, deskripsi produk yang diperdagangkan memegang peranan krusial dalam memperoleh kepercayaan para pembeli.

Ketika mulai melihat produknya, pembeli ini pasti punya banyak pertanyaan yang akan menentukan keputusannya jadi membeli atau tidak. Pertanyaan mereka juga pasti akan lebih banyak, apalagi jika mereka ingin membeli produk handmade yang memang terkenal unik dan kadang punya cara penggunaan dan perawatan sendiri. Satu-satunya tempat untuk menjawab semua pertanyaan yang akan ditanyakan pembeli mengenai produkmu dan meyakinkan mereka untuk membeli adalah deskripsi produk, karena deskripsi produk yang informatif dan detail akan membantumu menjelaskan beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan melalui gambar/ foto.

Nah, kali ini WinMarket akan memberikan beberapa tips untuk membuat deskripsi produk yang bagus dan menarik,

Tips Deskripsi Produk

  • Lagi-lagi syarat dan ketentuan WinMarket menjadi landasan utama dalam pembuatan toko, maupun penyusunan produk Anda. Usahakan membaca dan memahaminya, atau jika kurang jelas silahkan menghubungi layanan Customer Service kami.
  • Sangat tidak disarankan untuk mencantumkan data kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik, akun twitter, facebook dan sebagainya, atau sekedar kalimat yang mengandung himbauan untuk bertransaksi di luar ketentuan WinMarket.
  • Juga sangat tidak disarankan untuk mengosongkan deskripsi produk. Paling tidak cantumkan penjelasan singkat, seperti warna, bahan, ukuran, bentuk, spesifikasi, cara penggunaan, dan informasi penting lainnya. Gunakan kalimat persuasif (ajakan) yang efektif dan singkat, padat dan jelas. Para calon pembeli cenderung bosan dan malas membaca apabila mendapati deskripsi panjang dan bertele-tele.
  • Tuliskan spesifikasi dan manfaat produk secara lengkap. Berdasarkan survey ada beberapa toko online yang masih enggan mencantumkan detail produk secara lengkap, sehingga calon pembeli langsung menutup halaman toko online tersebut. Jangan terlalu mengandalkan kata-kata dalam membuat deskripsi produk toko online Anda. Kenapa? Karena berdasarkan fakta, mata manusia cenderung menghindari bacaan dengan jumlah kalimat yang terlalu panjang. Coba gunakan list atau tabel yang menjelaskan spesifikasi dan manfaat produk yang Anda jual. Tapi ingat, jangan pernah menyebut toko atau merek lain karena itu bisa menjadi persaingan yang tak sehat.
  • Sertakan keyword (kata kunci) yang sesuai dengan judul produk. Penulisan deskripsi produk toko online memang memiliki beberapa perbedaan dengan penulisan produk offline. Produk online yang biasanya ditemukan pembeli melalui mesin pencari (google, yahoo, bing, dll) membuat pebisnis atau pemilik toko harus memikirkan konteks SEO (Search Engine Optimization). Anda harus mencatumkan kata kunci produk sebanyak maksimal tiga kali dalam deskripsi yang sedang Anda buat. Kata kunci ini akan membantu produk atau toko online Anda menjadi daftar pilihan teratas di halaman pencarian nantinya.
  • Buatlah deskripsi yang original, menurut Anda sendiri, namun tidak mengurangi konteks produknya. Sebisa mungkin hindari duplikasi (copy paste) deskripsi dari sumber lain, apalagi yang banyak menggunakan istilah dalam bahasa asing. Gunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami berbagai kalangan. Selain akan mengurangi nilai SEO pada mesin pencari, penggunaan deskripsi yang tidak original akan menurunkan citra dan tingkat profesionalitas toko online Anda. Jika Anda menggunakan deskripsi yang original maka Anda berpeluang menjadi yang terdepan di pencarian search engine hingga membuat toko online Anda akan laris manis.
  • Salah satu komponen terpenting dari kesuksesan toko online adalah adanya foto produk pada website toko online. Gunakan foto yang berkualitas, ketika mereka menyukai foto produk yang dipajang, dan sudah diyakinkan dengan deskripsi produk yang jelas, maka mereka tak akan berfikir lama untuk membeli produk Anda. Usahakan mencantumkan setidaknya dari 5 angle (arah) seperti tampak depan, belakang, atas, bawah dan samping

Semoga tips-tips di atas dapat membantu meningkatkan omzet penjualan Anda. Selamat Berbisnis!
Baca juga artikel Panduan Upload Produk di WInMarket

Pengen punya toko online berkualitas?

 

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂

Leave a Reply