Tips Membuat Deskripsi Toko Online yang Baik

Seiring dengan perkembangan zaman digital dan teknologi informasi, banyak toko atau retail offline yang berguguran karena mereka tidak bisa berinovasi dan yang pasti menjadi korban seleksi alam di era digital seperti saat ini. Mereka kalah bersaing dari toko online yang sekarang menjadi tren dan kekuatan bisnis yang baru. Dengan adanya toko online, kegiatan belanja online dapat dijadikan solusi sederhana dalam mempermudah kegiatan jual-beli barang. Namun terkadang sebuah solusi dapat menimbulkan permasalahan baru.

Pesatnya perkembangan toko online, berbanding lurus dengan tingginya minat belanja online masyarakat di era milenial ini. Namun, hanya beberapa toko online yang bisa merebut hati pelanggannya, karena memang mereka serius membangun brand dan menciptakan kredibilitas di mata pembelinya. Dalam hal ini, deskripsi toko untuk tempat berjualan juga memegang peranan krusial dalam memperoleh kepercayaan para pembeli.

Karena itu, berikut kami hadirkan sejumlah tips baik untuk membuat deskripsi toko maupun yang dapat diterapkan para merchant di WinMarket dalam membuka, menjaga, dan mengelola toko onlinenya.

Tips membuat deskripsi toko online:

  • Sebelum membuka toko, pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, di antaranya memuat jenis produk yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, gambar produk maupun logo toko yang diperbolehkan, dan sebagainya.
  • Deskripsi toko yang baik selalu memuat informasi singkat mengenai jenis produk yang diperdagangkan (pakaian, aksesoris, elektronik, dsb), kualitas (asli/ replika), asal produk (lokal/ impor), status barang (baru/ bekas) dan sebagainya. Intinya semakin jelas deskripsi yang Anda berikan, semakin tinggi peluang produk yang dipilih oleh calon pembeli tersebut laku. Misalkan: “Kami adalah DHayu Store, toko online yang diciptakan bagi Anda para wanita yang ingin tampil modis dan kekinian, kami menyediakan beragam jenis fashion brand lokal terupdate dan baru dengan kualitas terbaik, sangat ekslusif karena setiap model diproduksi terbatas dan tidak pasaran, menggunakan bahan lokal berkualitas ekspor, karena kami bangga punya brand sendiri.”
  • Apabila ingin memberlakukan promosi potongan harga, bonus, atau jenis promosi lainnya, Anda dapat menambahkan informasi tersebut ke dalam promosi toko, tentunya dengan kalimat yang menarik dan atraktif, namun tidak terkesan berlebihan.
  • Ciri khas yang membedakan toko Anda dengan yang lain juga dapat menjadi magnet para pembeli. Namun tetap dalam koridor etika berbisnis yang baik dan usahakan agar tidak menyinggung atau menjatuhkan toko-toko lain. Pembeli yang cerdas akan tahu mana toko yang profesional dan punya kredibilitas.
  • Toko online di WinMarket sudah memiliki sistem transaksi yang terintegrasi dan terpadu, sehingga data pribadi seperti nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik, akun twitter, atau data kontak lainnya termasuk rekening pribadi sangat tidak diperlukan pada banner atau keterangan toko Anda. Sistem pembayaran sudah terintegrasi dengan baik dan aman dengan ada sistem rekening bersama, termasuk bisa melakukan pembayaran melalui Alfamart dan Indomaret sehingga, tak ada kekuatiran di kedua belah pihak.
  • Yang tidak kalah pentingnya, gunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami semua kalangan.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu meningkatkan penjualan Anda. Selamat Berbisnis!

Mau toko online dengan sistem pembayaran terlengkap dan teraman?

 

 

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂

Leave a Reply