Terms and Conditions

Syarat  & Ketentuan Penggunaan WinMarket

Selamat datang di winmarket.id

WinMarket adalah situs bisnis online yang memfasilitasi Anda yang ingin berbisnis online tapi tidak mempunyai produk, tidak mempunyai toko online, dan tidak memiliki sistem pembayaran online yang lengkap. Kami memiliki koleksi produk dari berbagai macam kategori yang terus diupdate secara berkala, mulai dari fashion, perlengkapan rumah tangga, makanan, dan barang-barang lainnya yang selalu dicari dan dibutuhkan.

WinMarket siap membantu Anda untuk memperluas jalur pemasaran produk dan branding di semua media online. Kami juga menyediakan materi marketing tools, e-training dan workshop untuk meningkatkan skill dan penjualan reseller.

Informasi Umum

  1. WinMarket sebagai sarana aplikasi layanan bisnis online dengan menyediakan berbagai fitur  pembayaran untuk memudahkan pembelinya.
  2. WinMarket tidak berperan sebagai pemasok barang, melainkan HANYA sebagai PERANTARA antara penjual dan pembeli.
  3. WinMarket hanya mengizinkan jual beli barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Produk    yang dijual belikan merupakan produk yang tidak tercantum di dalam Barang Terlarang.
  4. WinMarket tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, proses pengiriman barang, rusak tidaknya barang yang dipesan, dan segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar penjual dan pembeli.
  5. WinMarket berhak mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun yang diduga memiliki indikasi penipuan, penyalahgunaan, melakukan aksi provokasi, memanipulasi, dan melanggar peraturan di WinMarket berupa pemberhentian layanan “Pasang Produk” dan penutupan akun tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.
  6. Mekanisme WinMarket Payment System (sistem pembayaran), seperti biaya ekstra (pajak dan biaya lainnya) atas semua transaksi yang terjadi di WinMarket adalah diluar kewenangan kami sebagai PERANTARA. Hal itu akan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait (baik penjual dan pembeli) sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
  7. WinMarket Payment System (sistem pembayaran) bersifat mengikat pengguna WinMarket. Kami menjamin saldo pembeli tetap aman jika proses transaksi dilakukan dengan penjual yang sudah terdaftar di sistem WinMarket. Kami tidak bertanggung jawab jika ada kerugian yang diakibatkan oleh pihak lain diluar pembeli dan penjual.
  8. Hati-hati terhadap segala penipuan yang mengatasnamakan WinMarket. Silakan hubungi support@ winmarket.id atau Live Chat!      

Bagi Pengguna

  1. Pengguna layanan WinMarket WAJIB mengisi semua data pribadi yang sebenarnya secara lengkap dan jujur di member area (halaman akun) WinMarket.
  2. Pengguna layanan WinMarket bertanggung jawab atas keamanan dari akun termasuk penggunaan email dan password.
  3. Pengguna layanan WinMarket WAJIB mengisi data bank pribadi (bank account) untuk kepentingan bertransaksi di WinMarket.
  4. Penggunaan fasilitas apapun yang disediakan oleh WinMarket mengindikasikan bahwa pengguna telah memahami dan menyetujui segala aturan yang diberlakukan oleh WinMarket.
  5. Pengguna layanan WinMarket DILARANG KERAS menyampaikan konten yang mengandung/bersinggungan unsur SARA, diskriminasi, dan menyudutkan pihak lain selama berada di situs WinMarket.
  6. Pengguna layanan WinMarket DILARANG KERAS menggunakan situs ini untuk melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun negara lainnya.
  7. Pengguna layanan WinMarket bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan atas informasi yang diberikan ke dalam stus ini, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta, merk/brand, desain, dan hak paten atas suatu produk.
  8. Pengguna layanan WinMarket diwajibkan menghargai hak-hak pengguna lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.
  9. Pengguna layanan WinMarket tidak diperkenankan mengirimkan email spam dengan merujuk ke bagian apapun dari WinMarket.
  10. Admin WinMarket berhak menghapus informasi produk, bahkan menonaktifkan akun pengguna yang tanpa/tidak sengaja melanggar peraturan jual beli barang.
  11. Admin WinMarket berhak untuk memblokir penggunaan sistem terhadap pengguna situs yang melanggar peraturan dan ketetapan yang berlaku.
  12. Pengguna layanan WinMarket akan mendapatkan beragam informasi promo terbaru dan penawaran eksklusif. Namun, jika pengguna layanan WinMarket tidak ingin menerima informasi tersebut, dapat berhenti berlangganan (unsubscribe).
  13. Pengguna layanan WinMarket dilarang menggunakan kata-kata kasar yang tidak sesuai norma, baik saat berdiskusi di fitur kirim pesan atau chat maupun kolom diskusi retur. Jika ditemukan pelanggaran, WinMarket berhak memberikan sanksi seperti menonaktifkan sementara fitur pesan dan membekukan akun.

Transaksi

  1. Setiap transaksi jual beli di WinMarket WAJIB menggunakan Payment System demi keamanan dan kenyamanan pengguna. Semua metode pembayaran harus menggunakan Rekening Resmi WinMarket. Informasi mengenai metode pembayaran dapat dipelajari di Panduan Payment System.
  2. Pembeli melakukan transfer ke Rekening Resmi WinMarket sesuai dengan total belanja transaksi dalam waktu 1x12 jam. Pada saat pembeli melakukan pembelian barang, diharapkan pembeli telah mempelajari dan menyetujui informasi barang yang dipesan mulai dari deskripsi, warna kualitas dan fungsi  barang yang dibeli. Jika dalam waktu 1x12 jam tetapi pembeli belum juga mentransfer dana, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  3. Pembayaran akan diterima terlebih dahulu oleh WinMarket selama proses pembelian/pemesanan/pengiriman barang belum benar-benar selesai.
  4. Pedagang WAJIB mengirim barang kepada pembeli apabila sudah melunasi pembayaran, dan memasukan nomor resi pengiriman barang dalam batas waktu 3 hari jam kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan barang dari WinMarket. Jika dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman Barang maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  5. Setelah barang diterima oleh Pembeli, maka dana akan di transfer ke pedagang (akun WinMarketnya).
  6. Pembeli tidak bisa membatalkan transaksi apabila sudah melakukan pelunasan pembayaran.
  7. Jika Penjual tidak mengirimkan barangnya dalam batas waktu pengiriman sejak pembayaran (4 x 24 jam untuk biaya pengiriman reguler atau 2 x 24 jam untuk biaya pengiriman kilat), maka pedagang dianggap telah menolak pesanan. Sehingga, sistem secara otomatis akan mengembalikan seluruh dana (refund) ke pembeli.
  8. Pengembalian seluruh dana (refund) ke pembeli juga akan berlaku dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Kelebihan pembayaran dari pembeli atas nominal pembelanjaan. Jika pembayaran menggunakan kartu kredit, dana transaksi akan dikembalikan langsung ke kartu kredit. Pengembalian dana dilakukan dengan memberikan pengurangan biaya pada kartu kredit pembeli dalam waktu maksimal 14 hari kerja setelah pembayaran.Penjual tidak bisa menyanggupi orderan karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya.
    • Barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan awal, dibuktikan dengan form pemesanan barang sebelumnya.
    • Apabila nomor resi yang diberikan oleh penjual terdeteksi tidak valid, dan penjual tidak melakukan perubahan resi dalam waktu 1 x 24 Jam.
    • Dalam waktu 5 x 24 jam penjual tidak merespon pesan permintaan retur dari pembeli di halaman detail transaksi. Selanjutnya, pembeli harus mengirim barang tersebut ke kantor WinMarket. Kami tidak bertanggung jawab apabila penjual mengadukan atas pengembalian barang retur di kantor kami jika barang melebihi 30 hari sejak barang diterima.
  9. Pengembalian dana berupa penambahan Saldo akun WinMarket sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  10. Penjual/Pembeli akan menerima pemberitahuan transaksi di WinMarket melalui SMS dan Email.
  11. Warna produk yang ditampilkan di WinMarket tergantung dari kalibrasi warna monitor pembeli, kami akan berupaya sebaik mungkin untuk memastikan warna dalam foto produk yang ditampilkan adalah seakurat mungkin dengan aslinya.
  12. Sistem WinMarket secara otomatis akan memberikan dana pembayaran dari pembeli ke saldo (akun WinMarket) penjual dan memberikan feedback (rekomendasi) positif kepada pembeli, saat status resi pengiriman menjadi “Barang Diterima” dan pembeli sudah melewati batas waktu konfirmasi pembelian.
  13. WinMarket berhak meng-hold (menahan) dana hingga ada kesepakatan antara (penjual dan pembeli) apakah akan dilakukan pengembalian barang ke penjual atau tidak.
  14. Retur (pengembalian barang) berlaku jika :
    • Ada kesalahan yang dilakukan oleh penjual sebagaimana barang tidak sesuai dengan deskripsi, estimasi pengembalian barang maksimal 5 x 24 jam.
    • Ada kesepakatan pengembalian barang (retur) ke penjual, maka pembeli harus mengirim barang ke penjual dan menginfokan nomor resi ke WinMarket.
  15. Retur (pengembalian barang) tidak bisa dilakukan setelah transaksi selesai menurut sistem general tracking WinMarket atau dikonfirmasi transaksi selesai oleh pembeli.
  16. Barang tidak sampai akibat masalah pengiriman barang, diluar tanggung jawab WinMarket.   Kami akan berupaya membantu semaksimal mungkin untuk melacak proses pengiriman.

Harga

  1. Harga yang ditampilkan di situs WinMarket adalah harga yang sudah sesuai dengan harga penjual. Penjual DILARANG memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak diperbaharui halaman situs WinMarket dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  3. Jika terjadi kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai dari pihak Penjual, maka itu adalah tanggug jawab penjual.
  4. Jika terjadi masalah/perselisihan akibat ketidaksepahaman antara penjual dan pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab WinMarket.
  5. WinMarket saat ini hanya melayani jual beli dalam mata uang rupiah.

Barang Terlarang

WinMarket bertekad untuk terus melakukan hal-hal yang dipersyaratkan oleh perundang-undangan tentang memperjualbelikan barang-barang yang dilarang guna mencegah terjadinya perdagangan ilegal yang melanggar aturan hukum di Indonesia. Barang-barang yang dilarang adalah sebagai berikut :

  • Narkotika, obat-obatan terlarang atau yang tidak terdaftar di BPOM.
  • Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya.
  • Bagian/organ tubuh manusia.
  • Barang-barang yang melecehkan suku, agama, ras tertentu yang dapat menyinggung perasaan orang lain.
  • Barang hasil curian.
  • Barang-barang yang mengandung unsur pornografi, sex toys, alat untuk memperbesar organ vital pria, maupun barang asusila lainnya.
  • E-Book, CD, DVD, dan Software bajakan.
  • Kampanye politik, atau menyudutkan pihak lain dengan bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif.
  • Jasa pemalsuan dokumen negara.
  • Mailing list dan informasi pribadi.
  • Barang-barang yang mengandung unsur mistis.
  • Jenis binatang/hewan langka yang dilindungi oleh negara.
  • Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  • Segala jenis aksesoris penunjang tindakan perampokan, seperti pembuka kunci.
  • Barang lainnya yang dilarang edar/diperjualbelikan secara bebas berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Sanksi

Sanksi akan diberlakukan jika pengguna terbukti melanggar peraturan di WinMarket dan akan dikenakan sanksi berupa :

  1. Pemberian feedback (rekomendasi) negatif kepada penjual yang tidak mengirimkan barang dalam batas waktu yang telah di tetapkan oleh WinMarket.
  2. Pembekuan atau menonaktifkan akun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  3. Pelaporkan ke pihak berwajib (Kepolisian, dll)

Batasan Tanggung Jawab

Seluruh staff/karyawan WinMarket tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk dalam bentuk uang, barang, reputasi) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Harga, Biaya Administrasi Pembayaran, Biaya Pengiriman dan petunjuk lainnya dalam layanan WinMarket.
  2. Keterlambatan perbaruan informasi atau gangguan lainnya dalam layanan WinMarket.
  3. Informasi atas kualitas barang pada layanan WinMarket.
  4. Pengiriman barang yang tidak sesuai dengan barang pesanan, Pembeli bisa melakukan komplain kepada Penjual.
  5. Terjadi perselisihan antar pengguna, sehingga menimbulkan pencemaran nama baik di pihak lain.
  6. Kerugian atas kelalaian dalam melakukan transfer ke rekening selain Rekening Resmi WinMarket atau kesalahan dalam penulisan rekening, nominal transfer/informasi lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas segala penipuan yang mengatasnamakan WinMarket.
  7. Kelalaian yang disebabkan oleh masing-masing pengguna.
  8. Ketidaksesuaian terhadap pengiriman barang bergaransi resmi oleh pihak produsen. Pembeli dapat langsung mengunjungi layanan service centre terdekat dengan kartu garansi dengan menunjukkan nota pembelian.
  9. Virus atau perangkat lunak berbahaya yang disebabkan oleh Pengguna.
  10. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari kesalahan penggunaan WinMarket.
  11. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan WinMarket.
  12. Informasi produk yang diduga palsu dan tidak adanya tindakan dari pihak penjual yang ada layanan WinMarket.
  13. Adanya tindak peretasan yang dilakukan pada pihak ketiga kepada akun WinMarket.
  14. Penyalahgunaan setiap barang yang sudah dibeli / diterima oleh pengguna.
  15. Pelanggaran hak cipta, merek desain atau hak paten suatu produk yang telah dipasang pada WinMarket.
  16. Segala kerugian / resiko terhadap penggunaan barang yang sudah dibeli dari WinMarket.
  17. Segala kerugian / resiko terhadap penggunaan barang yang sudah dibeli dari WinMarket.

APABILA ADA PERTANYAAN ATAU PERHATIAN MENGENAI SYARAT-SYARAT DAN KETENTUAN-KETENTUAN DALAM INI, SILAHKAN MENGHUBUNGI PERUSAHAAN DI support@WinMarket.id